Category : review

K-Drama Review: “Pinocchio” Eps. 20!

 

Halo!

Terimakasih sudah membaca review Eps. 19, kita akan lanjutkan di Eps. 20!

 

Hey, ini sudah masuk di episode terakhir ya!

 

Sinopsis

Pinokio adalah drama yang mengisahkan tentang seorang reporter lokal yang dulunya bekerja sebagai supir taksi untuk membuktikan kebenaran. Ia pun berpendapat bahwa menjadi seorang reporter tidak boleh sembarang memberikan asumsi tanpa mengkroscek kebenarannya secara langsung. Lee Jong Suk (Choi Dal Po) bertemu dengan Park Shin Hye (Choi In Ha) yang merupakan keponakan angkatnya sendiri yang menderita sindrom pinokio–sindrom tidak bisa berbohong dan jika berbohong maka akan cegukan. Belasan tahun lamanya tinggal bersama membuatnya jatuh cinta dan memutuskan untuk meninggalkan nama angkatnya “Choi Dal Po” dengan kembali memakai nama aslinya “Ki Ha Myung”.

pinocchio

 

Episode 20 (from Viu)

Setelah Park Rosa tahu bahwa anaknya berkorban demi dirinya, akhirnya dia mengakui kesalahannya pada kepolisian agar dapat menyelamatkan putranya dari penjara. Dia dihukum penjara selama tiga tahun. Park Rosa kesal dengan tuduhan dan menantangnya. Cha Ok tak ingin jadi reporter lagi. Dia berhenti bekerja dan menjadi dosen di universitas. Kakek In Ha menyetujui pernikahan Dal Po dan In Ha.

 

pino-20-1

Setelah pemberitaan Rosa yang akan datang ke pos polisi untuk menemui anaknya, Bum Jo, semua reporter sudah bersiap sedia merekam kedatangannya.

pino-20-2

Song Cha Ok juga datang dan memperhatikan bagaimana Dal Po dan In Ha menghadapi Park Rosa. Hari itu, saya melihat Cha Ok benar-benar seperti seorang reporter. Mungkin beliau udah lelah sama semua permainannya Park Rosa selama ini. Karena ia pun mengakui bahwa dia bukanlah seorang reporter melainkan hanya pembohong.

 

pino-20-3

Rosa pun akhirnya datang dan hanya mengeluarkan dua kalimat yang sudah diatur sebelumnya. Tujuannya adalah untuk menghindari jawaban yang menunjukkan bahwa dia memang bersalah. Cha Ok pun menantikan pertanyaan yang keluar dari mulut Dal Po untuk Park Rosa.

pino-20-4

Dalam hati kecilnya, Dal Po berkata:

“Why did you slander my father?”

Tetapi, sebagai seorang reporter, ia mengurungkan niatnya dan bertanya:

“Chairwoman Park, Do you think that your son is innocent?”

Park Rosa pun menjawab:

“Yes my son is innocent.”

Dal Po membalas lagi:

“When you saw the reporters reporting your innocent son as criminal, what did you think about?”

Jawaban Park Rosa:

“I’m sorry to.. I think it’s wrong. He’s so nice that he took it upon himself to go to jail to protect his mother.” sambil teriak-teriak karena kesal.

pino-20-5

Ups, semua mata memandang Park Rosa yang baru saja mengucapkan kata-kata sakti. Akhirnya ia mengakui juga kalau anaknya tidak bersalah dan dia hanya menyelamatkan Ibunya agar tidak masuk penjara. Duh, duh, Dal Po, Song Cha Ok pun mulai menyadari kalau dia memang seorang reporter sejati yang jago banget bikin orang malu dan mengakui kesalahan mereka. Good job, Dal Po!

pino-20-6

Setelah berbincang-bincang dengan Song Cha Ok, Dal Po pun meminta Chan Soo menarik kembali tuntutannya kepada Cha Ok atas kasus pencemaran nama baik. Dal Po sudah merasa bahwa kali ini Cha Ok serius meminta maaf kepadanya dan menyesali perbuatannya.

pino-20-8

Keesokan harinya, mereka ketemu sama Bum Jo. Dan Bum Jo ingin minjam In Ha sebentar saja. Mungkin ia ingin mengucapkan selamat tinggal. Nah, terus mereka jalan ke supermarket tempat In Ha kerja sambilan dulu waktu ditolak sama MSC. Hari itu adalah hari ulang tahunnya In Ha dan Cha Ok datang untuk menawarkan pekerjaan sebagai reporter Pinokio, bukannya ingin mengucapkan selamat ulang tahun. Bum Jo tahu betul gimana sedihnya In Ha hari itu. Padahal, ia juga pengen banget ngasih hadiah ulang tahun ke In Ha tapi karena malu dan minder akhirnya ga jadi deh. Nah, kali ini Bum Jo mengakuinya bahwa dia menyesal udah pergi gitu aja tanpa ngasih kadonya ke In Ha.

pino-20-9

Selamat ulang tahun, In Ha!

pino-20-10

Kita balik dulu ke kelanjutan cerita Park Rosa yang akhirnya ditahan selama 3 tahun. Duh, kasihan ya. Jadi kusam dan kucel banget gitu. Demi anaknya, dia rela dipenjara. Dan di hari itu Bum Jo menolak untuk belajar manajemen. Kayaknya Bum Jo tertarik untuk mempelajari hal lain deh. Apa ya kira-kira?

pino-20-13

Lagi-lagi, si Centil mulai mabuk gara-gara si Kapten.

pino-20-14

Dan kali ini ia benar-benar mabuk parah sambil tidur-tiduran di depan gedung YGN.

pino-20-15

Nah, ketahuan kan siapa yang bawa si Centil selama ini ke ruangan kerja reporter? Ternyata si Kapten toh! Soalnya aneh banget setiap kali mabuk dan ketiduran, pasti si Centil selalu ada di ruangan ini.

pino-20-16

Jangan-jangan si Kapten mulai naksir dan peduli sama si Centil ya?

pino-20-17

Ah, lega rasanya semua kasus selesai dengan baik. Dan kali ini YGN akan mulai merekrut para reporter junior.

pino-20-20

Dal Po sudah jadi senior. Dan dia juga bertanggungjawab untuk memilih dan menyeleksi anak-anak baru itu.

pino-20-18

Eits, ga cuma YGN aja. Ternyata MSC juga mulai membuka perekrutan reporter baru lho.

pino-20-19

In Ha kaget bukan main karena bisa ketemu Bum Jo lagi di MSC. Rupanya, Bum Jo tertarik mempelajari dunia reporter dan berhenti untuk belajar manajemen seperti yang Ibunya minta. Wah, padahal waktu itu Bum Jo sudah pernah Mawari dan berhasil melaporkan berita juga ya. Ngebayangin Bum Jo akan Mawari lagi, Dal Po dan In Ha rasa-rasanya ga percaya. Mereka udah ogah banget sama proses training macam itu.

pino-20-21

Ohya, gimana kabarnya Song Cha Ok ya? Jadi, setelah resmi keluar dari MSC, dia jadi dosen di sebuah universitas di Korea. Wah, awal yang bagus dong.

pino-20-22

Si Centil yang sudah menjadi penerus si Bawel kelihatan keren banget ya?

pino-20-23

Bandonya pun udah siap-siap dipakai lagi.

pino-20-24

Kemudian, hari itu juga, Ayahnya Dal Po datang untuk melihat anaknya rekaman di depan gedung YGN. Duh duh, kali ini sang Ayah mengizinkan Dal Po untuk hidup sebagai Ki Ha Myung dan tentunya… boleh menikah dengan In Ha!

pino-20-25

Tada! Akhirnya mereka menikah juga. Setelah sekian lama menyembunyikan perasaan mereka dari ayah sekaligus kakek mereka, akhirnya ya hari yang ditunggu-tunggu datang juga. Pasangan reporter tetangga ini benar-benar mengharukan mengingat perjuangan mereka dalam mempertaruhkan kebenaran dan mengembalikan nama baik orang yang tidak bersalah di hadapan media. Sudah cukup menjadi pembelajaran kita bahwa menjadi reporter, jurnalis, pembawa berita dan apapun itu, WAJIB menampilkan dan menginformasikan fakta. Dan jika kita membela kebenaran, pasti akan selalu ada jalan untuk menunjukkan kepada dunia bahwa yang salah tetaplah salah dan yang benar akan benar.

 

Tamat.

 

Terimakasih sudah membaca semua review saya.

Sampai ketemu di K-Drama Review berikutnya ya!

 

Klik Untuk Menonton

 

 

Salam,

cropped-logo-300x300


K-Drama Review: “Pinocchio” Eps. 19!

 

Halo!

Terimakasih sudah membaca review Eps. 18, kita akan lanjutkan di Eps. 19!

 

Sinopsis

Pinokio adalah drama yang mengisahkan tentang seorang reporter lokal yang dulunya bekerja sebagai supir taksi untuk membuktikan kebenaran. Ia pun berpendapat bahwa menjadi seorang reporter tidak boleh sembarang memberikan asumsi tanpa mengkroscek kebenarannya secara langsung. Lee Jong Suk (Choi Dal Po) bertemu dengan Park Shin Hye (Choi In Ha) yang merupakan keponakan angkatnya sendiri yang menderita sindrom pinokio–sindrom tidak bisa berbohong dan jika berbohong maka akan cegukan. Belasan tahun lamanya tinggal bersama membuatnya jatuh cinta dan memutuskan untuk meninggalkan nama angkatnya “Choi Dal Po” dengan kembali memakai nama aslinya “Ki Ha Myung”.

pinocchio

 

Episode 19 (from Viu)

Cha Ok mengadakan konferensi pers. Saat konferensi, dia mengaku pada publik yang telah dilakukannya dan buktikan Chan Soo tidak bersalah. Presiden Direktur Park memaksa Ibunya Bum Jo untuk meminta maaf pada Chan Soo. Tapi dia bersikukuh menolak untuk meminta maaf. Presiden Direktur Park menggunakan uang untuk membujuk Chan Soo berkompromi. Dal Po mendengar kabar tersebut dan menghentikan Presiden Direktur Park. Pembunuh yang menyerang Dal Po tertangkap. Bum Jo cemas Ibunya akan dipenjara karena hasutan kejahatannya. Maka dia mengorbankan diri demi Ibunya. Rosa mendengar kabar tersebut dan bergegas ke kantor polisi.

 

pino-19-1

Ah, ini nih yang ditunggu-tunggu. YGN sudah mulai menayangkan berita tentang proses interogerasi Song Cha Ok.

pino-19-2

Semuanya dibeberkan seperti yang sudah kita duga.

pino-19-3

Bahkan, ia sempat menyinggung soal kisah Ki Ho Sang 14 tahun yang lalu.

pino-19-4

Wawancara dengan Rosa pun akhirnya ditayangkan. Kelihatan banget deh kalau dia memang benar-benar dalang dari semua kasus ini.

pino-19-5

Dal Po bertugas melaporkan berita ini dan semuanya berjalan dengan lancar.

pino-19-6

Bahkan mereka sempat mewawancarai Rosa lagi waktu dia keluar dari parkiran. Ketahuan banget ya kepengen menghindar dari reporter?

pino-19-7

Yap, dan bagaimanapun Rosa menyembunyikannya, semua orang juga bakalan tahu nantinya. Dan Dal Po cs ga sebodoh yang ia kira. Para reporter-reporter itu cukup cerdas untuk mengakali kasus ini.

pino-19-8

Rosa yang sudah kalang kabut karena dia mulai menjadi incaran reporter mencari cara untuk mengalihkan pandangan publik tentang dirinya. Ia buat-buat lagi kasus yang melibatkan artis kesukaan si Centil. Dan ternyata YGN berhasil lagi membersihkan nama orang yang tidak bersalah.

pino-19-9

Ibunya Bum Jo ini mulai stres karena YGN bisa membuat kesan buruk seseorang yang tidak bersalah karena ulah Rosa menjadi lebih baik dari sebelumnya. Duh, kayaknya Rosa kehabisan akal untuk mengatasi masalah ini. Tapi ngomong-ngomong, Bum Jo kok ga kelihatan ya?

pino-19-10

Ada lagi kerjaan yang diminta oleh Rosa oleh bawahan-bawahannya. Mereka kepergok reporter YGN mendatangi rumah Chan Soo dan memberikan uang sogokan supaya Chan Soo memaafkan Rosa dan menarik kembali tuntutannya. Eits, Chan Soo ga serendah itu lah!

pino-19-11

Oh, ternyata Bum Jo ga ke mana-mana. Ia tetap di rumah memperhatikan gerak-gerik Ibunya yang semakin hari semakin menakutkan itu.

pino-19-12

Berkat usaha keras Dal Po dan juga In Ha untuk membersihkan nama Chan Soo, akhirnya ia dan keluarga mengundang mereka untuk pesta kecil-kecilan di rumahnya. Ada si Centil dan Kapten juga lho.

pino-19-13

Dan baru kali ini si Kapten ga jaim. Dia kelihatan kelaperan banget dan dia satu-satunya yang datang ga bawa hadiah buat anaknya Chan Soo.

pino-19-14

Si Centil pun sibuk selfie sama anaknya Chan Soo yang super duper lucu banget. Gemes deh!

pino-19-15

Anaknya Chan Soo yang satu lagi digendong sama In Ha dan mereka main bersama Dal Po. Duh, kalian serasi banget. Udah cocok kali ya jadi suami istri?

pino-19-16

Tuh lihat deh ekspresinya.

pino-19-17

Chan Soo pun memutarkan video waktu ia dan Dal Po mengikuti kuis di gedung YGN. Si Kapten juga ternyata turut andil dalam pemutaran acara itu.

pino-19-18

Si Centil yang belum kenal dan tahu betapa culunnya Dal Po waktu SMA kaget bukan main.

pino-19-19

Keesokannya, si Centil dan sahabatnya mulai penasaran sama hasil foto kemarin. Kayaknya si Kapten merhatiin dia lebih dari sekedar teman ya? Apa jangan-jangan?

pino-19-20

Dan si Bawel pun masih berusaha untuk membujuk si Centil untuk menjadi penerusnya. Kalau kamu nonton dan tahu bagaimana lucunya mereka, wah, dijamin deh, kayaknya memang bekerja di antara orang-orang dengan karakter yang beda-beda dan unik seperti mereka ini seru banget. Si Bawel yang sangat berkarakter ini juga sebenarnya mengasyikkan lho orangnya walaupun super duper berisik dan suka ngamuk tiba-tiba.

pino-19-21

Oke, kita lanjut ke adegan Bum Jo mendatangi orang yang pernah meneror Dal Po, In Ha dan Cha Ok. Sekarang dia ada di penjara dan berniat untuk melakukan sesuatu supaya Ibunya berhenti bertindak kejam ke banyak orang, termasuk reporter YGN dan MSC.

pino-19-22

Setelah Bum Jo berbincang-bincang dengan orang tadi, akhirnya dia mengaku ke polisi bahwa dia yang membayar orang itu untuk menyerang Dal Po, In Ha dan Cha Ok. Tapi semua orang ga percaya dan seolah-olah ini hanya cara satu-satunya yang bisa bikin Rosa nyadar diri. Ya, sadar dong kalau dia udah keterlaluan.

pino-19-23

Bahkan, Bum Jo sempat titip pesan ke In Ha, dia ingin Ibunya tahu bahwa dia akan bertanggung jawab atas perbuatan Ibunya selama ini, dia bersedia menanggung segalanya karena dia juga telah menikmati semuanya. Ngerti kan maksudnya? Orang-orang akan berpikir bahwa Ibunya Bum Jo adalah dalang dari semua kasus ini. Dan Bum Jo menyerahkan diri ke polisi demi Ibunya. Sanggup tidak Rosa melihat anak kesayangannya itu masuk penjara demi dirinya?

pino-19-24

Semua orang mengenal In Ha, si reporter Pinokio. Dan dia ga cegukan sama sekali. Itu artinya, In Ha tidak berbohong. Semua media pun sekarang beralih lebih fokus ke Rosa. Bagaimana kelanjutan nasib Bum Jo dan Rosa ya? Simak di episode terakhir setelah ini.

 

 

Bersambung.

Sampai jumpa di episode 20!

 

 

Klik Untuk Menonton

 

 

Salam,

cropped-logo-300x300